Timnas U-19 Butuh Pemain di Lima Posisi Ini

Pelatih Regu Nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, skuatnya memerlukan pemain bermutu baik di lima posisi supaya dapat berkompetisi di Piala Dunia U-20 2023.


Dikutip dari web PSSI di Jakarta, Rabu 20 Juli 2022, lima posisi itu yaitu bek tengah sebagai stopper, bek kiri, bek kanan, pengatur serangan dan gelandang bertahan.

Adapun pengatur serangan dicari untuk menjadi pelapis Marselino Ferdinan. Sejatinya Arkhan Fikri dapat berada di sektor hal yang demikian, namun Shin mengevaluasi perawakan pesepak bola bertinggi badan 1,65 meter itu belum tepat.

“Tekniknya (skill) baik. Tetapi tingginya kurang. Dikala tampil di Piala Dunia U-20 nanti, kami akan menghadapi regu dengan perawakan tinggi dan kekar,” ujar Shin dalam rapat evaluasi dan program kerjanya sebagai pelatih bersama PSSI, Rabu (20/7) di Jakarta.

Sebagai jalan keluar, juru strategi asal Korea Selatan itu bahkan menyodorkan solusi naturalisasi.

Merespon hal hal yang demikian, PSSI menegaskan siap memberikan bantuan. Ketua Lazim PSSI Mochamad Iriawan minta Shin supaya memutuskan nama-nama pemain yang akan dinaturalisasi optimal pada Agustus 2022.

Sejauh ini, ada tiga pemain berkewarganegaraan Belanda keturunan Indonesia yang mencontoh pemusatan latihan (TC) Timnas U-19, merupakan Kai Boham, Jim Croque dan Max Christoffel. Akan namun, daya kerja mereka dianggap Shin belum sesuai.

Untuk itulah PSSI menganjurkan supaya Timnas U-19 mengerjakan TC di Belanda pada September 2022 sesudah menjalani Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

“Di Belanda, banyak pemain yang mempunyai darah Indonesia. Jadi akan lebih gampang sekiranya kami mengerjakan TC di sana dibandingi negara lain sebab dapat memandang seketika pemain yang diharapkan,” tutur Iriawan.

Terdekat, Timnas U-19 Indonesia akan beradu tanding dalam Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 14-18 September 2022.

Pada persaingan di Indonesia hal yang demikian, Indonesia satu grup dengan Vietnam, Hong Kong dan Timor Leste. Shin Tae-yong menargetkan timnya sanggup lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *